Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia Pada Usia 95 Tahun

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia Pada Usia 95 Tahun
Paus Benediktus (Foto: DW (News)


News - Berita duka datang dari Vatikan, Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia di rumahnya pada Sabtu (31/12) pada waktu setempat.


Beliau meninggal pada usia 95 tahun. Menurut detikNews dari AFP dan BBC, Sabtu (31/12/2022), berita meninggalnya Benediktus XVI diberitahukan oleh juru bicara Vatikan, Matteo Bruni.


"Dengan kesedihan, saya memberitahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," ujar Bruni dalam pernyataannya.


Selama hidupnya, Benediktus XVI memimpin Gereja Katolik dunia selama kurang lebih delapan tahun, sebelum mengundurkan diri pada tahun 2013.


Ia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregory XII pada tahun 1415.


Ia menghabiskan masa-masa terakhirnya di Biara Mater Ecclesiae yang masih ada di lingkungan Vatikan.


Kondisi kesehatannya diketahui rapuh selama beberapa tahun terakhir.


Pada Rabu (28/12) waktu setempat, Paus Fransiskus menyatakan bahwa pendahulunya, yang bernama Joseph Ratzinger, sedang sakit parah dan menyerukan orang-orang untuk mendoakan Benediktus.


Namun, kantor pers Vatikan pada Jumat (30/12) waktu setempat menyatakan bahwa kondisi Benediktus stabil, ia telah beristirahat dengan baik dan sempat mengikuti misa dari kamar tidurnya.


Dalam pengumuman sebelumnya, Vatikan mengkonfirmasi bahwa kondisi kesehatan Benediktus telah memburuk karena usia yang semakin tua.


Namun, sumber dari Vatikan menyatakan kepada AFP bahwa kondisi Benediktus memburuk sekitar tiga hari yang lalu.


"Fungsi vitalnya tidak berfungsi, termasuk jantungnya," ucap sumber tersebut, sambil menambahkan bahwa tidak ada rencana rawat inap di rumah sakit karena Benediktus memiliki "peralatan medis yang dibutuhkan" di rumahnya.

Kupang Digital Blog Kupang Digital - East Nusa Tenggara

0 Response to "Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia Pada Usia 95 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel