Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Targetkan 80 Rumah Gempa Di Cianjur

News, Kupang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 80 rumah gempa RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana) melalui Direktorat Jenderal Perumahan.


Selanjutnya, pembangunan kembali pemukiman korban gempa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Wilayah Administratif Cianjur akan selesai pada akhir tahun 2022.


"Seperti yang saya janjikan kepada Presiden Republik Indonesia dan mohon doa restunya, kami berharap dapat menyelesaikan 80 rumah RISHA pertama pada akhir Desember tahun ini." ujar Iwan Suprijanto, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di Cianjur, Jawa Barat, Minggu (12/11).


Ivan berharap infrastruktur, sarana dan utilitas (PSU) lokasi pemukiman kembali juga dibangun sehingga pada awal tahun 2023 diharapkan 80 keluarga korban gempa Cianjur dapat keluar dari pengungsian pemukiman kembali dari satu tempat ke tempat relokasi.


"Insya Allah sisanya bisa kita selesaikan pada minggu ketiga Januari tahun depan, sehingga kawasan ini bisa dihuni korban gempa Cianjur hingga akhir Januari." ujarnya.


Iwan mengatakan, kawasan pemukiman kembali dinyatakan clear and clean. Pastinya, karena menurut justifikasi BMKG, negara ini berada di kawasan aman dan tidak berada di patahan gempa atau zona bencana lainnya.


Koloni ini juga terletak di atas topografi yang aman dan subur, menurut Survei Geologi.


"Sementara itu, lokasi pemukiman kembali di pihak pemerintah kota juga sesuai dengan rencana pemukiman dan pemukiman, karena kita melihat banyak pemukiman di sini." ujar Iwan.


Pada waktu lalau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merencanakan pembangunan rumah warga yang rusak berat atau roboh karena gempa Cianjur, Jawa Barat, selesai pada tahun 2023 sebelum lebaran.


Kementerian PUPR, kata dia, telah menyiapkan lahan untuk diserahterimakan di dua lokasi, yakni 2,5 hektare di Cilaku dan 30 hektare di Mande, Cianjur.


Pemindahan tanah sekitar 200 unit RISHA dengan bangunan tahan gempa saat ini sedang dilakukan di Cilaku.


Untuk lahan di Mande, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah mulai membuka lahan untuk membangun sekitar 2.400 rumah.



Source:
www.m.antaranews.com

Kupang Digital Blog Kupang Digital - East Nusa Tenggara

0 Response to "Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Targetkan 80 Rumah Gempa Di Cianjur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel