Bagaimana Cara Membuat Cv Lamaran Kerja?

Bagaimana Cara Membuat Cv Lamaran Kerja?
Ilustrasi Membuat CV Lamaran Kerja

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Tips & Trik, NewsKupang.eu.org - CV adalah alat yang dapat membantu pelamar kerja menunjukkan keterampilan dan prestasi mereka kepada calon pemberi kerja.


Bagi sebagian orang, membuat CV mungkin terlihat mudah dan tidak sulit. Akan tetapi, bagi sebagian orang lainnya justru akan mengalami kesulitan dalam membuat CV lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian.


Curriculum vitae atau yang biasa dikenal dengan CV merupakan salah satu dokumen yang sangat penting dalam melamar pekerjaan.


Oleh karena itu, sangat penting untuk menyertakan semua informasi yang relevan di cV Kamu sebelum mengirimkannya kepada siapa pun.


Apa Itu CV?

Apa itu CV?. CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae. CV secara harfiah berarti "daftar riwayat hidup". Karena itulah, isi dari sebuah CV biasanya berisi informasi pribadi dan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja seseorang.


Namun demikian, tidak semua orang menyusun CV dengan struktur yang sama. Ada beberapa orang yang menyertakan foto mereka di dalam CV, namun ada juga yang tidak.


Beberapa CV juga mencantumkan informasi pribadi seperti tanggal lahir, alamat rumah, dan nomor telepon, namun ada juga yang tidak mencantumkannya.


Pada dasarnya, sebuah CV bisa disusun dengan berbagai macam format dan struktur. Yang penting adalah, CV tersebut mampu memberikan informasi lengkap dan akurat tentang seseorang kepada siapapun yang membacanya.


Fungsi Dan Tujuan CV

Fungsi CV adalah untuk memberikan gambaran umum kepada perusahaan tentang si calon pelamar, seperti latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.


Sedangkan tujuan CV adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan keahlian dan kualifikasi yang dimiliki.


Siapa Saja Yang Membutuhkan CV?

Tentang siapa saja yang membutuhkan CV, mulai dari fresh graduate hingga professional. CV adalah salah satu syarat penting dalam melamar kerja, selain memberikan informasi tentang kepedulian dan kompetensi Anda, CV juga dapat menunjukkan bagaimana perkembangan karier Anda.


Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar
Ilustrasi Cv Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

CV (Curriculum Vitae) adalah sebuah dokumen yang berisi tentang pengalaman dan kualifikasi seseorang untuk melamar pekerjaan.


Oleh karena itu, CV harus dibuat dengan baik dan benar agar memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat menarik perhatian HRD (Human Resources Development).


Tips Membuat CV Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

  • Gunakan bahasa yang formal dan tegas. Jangan menggunakan bahasa gaul atau singkatan-singkatan yang tidak umum.
  • Buatlah CV dengan rapi, jelas, dan padat. Jangan mengisi CV dengan informasi yang tidak relevan ataupun deskripsi yang terlalu panjang.
  • Sertakan informasi lengkap seperti alamat, nomor telepon, dan email pada CV Anda. Pastikan juga informasi tersebut dapat dihubungi ketika diperlukan.
  • Selanjutnya, Kamu harus mencantumkan semua pengalaman kerja Kamu mulai dari pengalaman kerja terbaru terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, Kamu harus memasukkan kualifikasi akademik dalam urutan terbalik dari saat Kamu mencapainya.
  • Kamu juga harus menambahkan deskripsi singkat tentang setiap kualifikasi termasuk institusi yang diberikan, durasi dan badan pemberi penghargaan.
  • Terakhir, buat daftar penghargaan yang telah Kamu terima yang terkait dengan bidang pekerjaan atau pendidikan Kamu dan jelaskan secara singkat bagaimana Kamu memperoleh penghargaan tersebut. Ketika Kalian memiliki pekerjaan, sangat penting untuk menampilkan diri Kalian dengan baik di CV Kalian.

Membuat Cv Lamaran Kerja Yang Menarik

Dalam melamar pekerjaan, selain mengirimkan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup, kandidat juga dituntut untuk membuat CV lamaran kerja.


Dalam membuat CV, Anda harus bisa menarik perhatian pada setiap bagiannya.


Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV lamaran kerja yang menarik:

  • Gunakan font dan warna yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Misalnya, gunakan font sans serif untuk bidang desain atau bisnis.
  • Perhatikan ukuran font agar teks mudah dibaca oleh pihak HRD. Jangan terlalu kecil atau besar. Selain itu, gunakan satu spasi antara baris teks.
  • Buatlah ringkasan singkat tentang diri Anda di bagian awal CV sebagai pendahuluan sebelum memasuki bagian isi CV lamaran kerja. Isi bagian ini dengan informasi singkat seperti nama lengkap.
  • Anda juga bisa menggunakan template dengan desain yang menarik, namun perhatikan agar tidak terlalu ramai (format pengisian data dan struktur template).

Cara Membuat Cv Biodata Diri

Banyak orang yang bingung bagaimana cara membuat CV atau biodata diri mereka sendiri.


Padahal, hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kualifikasi Anda.


Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat CV atau biodata diri sendiri:

  • Jelaskan informasi pribadi Anda seperti nama lengkap, alamat domisili, no. telepon, dan email dengan jelas pada CV atau biodata diri.
  • Buatlah daftar riwayat pendidikan yang lengkap mulai dari jenjang pendidikan tertinggi hingga terendah. Jika Anda memiliki pendidikan di luar negeri, jelaskan juga dengan detail informasi tentang negara dan universitas tempat Anda menempuh studi.
  • Tuliskan riwayat pekerjaan dan jabatan yang pernah Anda tempati sebelumnya

Video

Kesimpulan

CV adalah kumpulan pengalaman kerja dan detail pendidikan Kalian sebelumnya. Itu dikirim ke calon pemberi kerja untuk membantu mereka memutuskan apakah Kalian cocok untuk pekerjaan mereka atau tidak.


Kalian harus selalu mencantumkan nama, alamat, tanggal lahir, dan kualifikasi pendidikan Kalian di cv. Kalian juga harus menyertakan detail pendidikan jika Kalian memiliki kualifikasi pendidikan tinggi.


Majikan biasanya meminta informasi ini ketika mereka meminta cV Kalian untuk tujuan referensi.


Sekian untuk bagaimana cara membuat CV lamaran Kerja. Semoga Bisa bermaanfaat.

Kupang Digital Blog Kupang Digital - East Nusa Tenggara

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Cv Lamaran Kerja?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel